Pages

Selamat datang di blogku Mohon kritik dan sarannya ^^

Friday 7 December 2012

Macam-macam Aplikasi di Internet

Aplikasi internet yang tersedia saat ini Bertambah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, medis,media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak aplikasi internet,beberapa yang paling banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat antara lain ;

1. Word Wide Web (WWW)
World Wide Web atauWWW merupakan aplikasi yang paling banyakdigunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Hal ini disebabkan aplikasiWWW dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. WWW adalah dokumen-dokumeninternet yang tersimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumenweb tersebut dibuat dengan formatHypertext dan
Hypermedia
denganmenggunakan
Hypertext Mark-Up Language (HTML)
yang mempunyai kemampuanuntuk menghubungkan
(Link)
sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.Dokumen yang dibuat dengan
HTML Link
tersebut dapat memuat teks, gambar,animasi, audio, dan juga video.

2. Electronic Mail (E-Mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasisurat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim E-mail sama artinya denganmengirim sebuah surat, kita dapat bercerita, mengirimkan pesan atau apa saja.Lewat E-mail kita dapat juga mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.E-mail merupakan alat komunikasi yang sangat mudah dan cepat, karenapengiriman dokumen kita ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah.Seperti yang sudah disinggung di atas, komunikasi dengan menggunakan internetdilakukan dengan cepat sehingga E-mail akan sampai sesaat setelah dikirim.

3. Mailing List (Milis)
Mailing List atau juga sering disebut milis adalah aplikasi internet yangdigunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompokmelalui E-mail. Setiap E-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirim keseluruhalamat E-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.Milis sebenarnya bentuk lain dari E-mail, fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milismempunyai sifat yang sama dengan E-mail.

4. Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satudengan yang lain dalam sebuah forum. Para anggota forum Newsgroup mempunyaikepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topik tertentu.Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa media multimedia (audio-visual)dengan menggunakan fasilitas
video conferencing
, ataupun text saja atau text danaudio dengan menggunakan fasilitas Chat (IRC).
  
5.       File Transfer Protocol
File Transfer Protocol yang sering disingkat FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.
FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.

      6.       Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang dapat digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita memiliki alamat IP (IP address) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (user ID dan Password) ke komputer tersebut.

      7.       Goper
Goper adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk dapat mendapatkan informasi melalui goper, kita harus menghubungkan diri melalui goper server yang ada di internet.

      8.       Ping
Ping adalah singkatan dari packet Internet Goper. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Dari beberapa aplikasi di internet tersebut maka kita akan lebih mudah dan banyak pilihan untuk berekspresi dan mencari file-file yang kita butuhkan.

No comments:

Post a Comment